Tuesday, February 9, 2016

Guru Petunjuk

Guru Petunjuk
"Guruku asik! Enak cara ngajarnya."
"Guruku murah nilai. "
"Guruku galak tapi menyenangkan"
"Ehm, ....guruku biasa ajj tuh. "
"Guruku itu kadang lucu, kadang serius banget. Tapi saya senang "

Itulah beberapa celotehan anak - anak yang menyenangkan.
Ada banyak pendapat siswa tentang gurunya. Beberapa di atas sekedar contoh,bahwa siswa tentu saja mampu memberikan penilaian pada guru.

Bukan tidak menghormati guru,  tetapi lontaran opini atau bahkan celotehan singkat tentang guru bisa mencerahkan. Mari berfikir lebih positif bahwa siswa hanya berupaya menyesuaikan diri lebih baik dengan gurunya.
yang berarti siswa belajar mengenal karakter bermacam - macam guru dan menyerap ilmu mereka.

Siapakah sebenarnya guru ?
Hanya pengajar di sekolahkah atau sekedar pahlawan tanpa tanda jasa? Tentu saja tidak demikian. Tugas pokok guru adalah mengajar, atau mentransfer ilmu dan pengetahuan dari guru kepada murid. Itu sebabnya, guru , layaknya menerangi  bongkahan emas dalam kegelapan malam, dapat di ibaratkan sebagai pelita. Pelita berfungsi mencerahkan dan menerangi kegelapan. Siapakah yang ada dalam kegelapan itu? Untuk yang satu ini, tentu saja para siswa.

Guru juga sebagai fasilitator, sarana membagi ilmu dan pengetahuan kepada siswa yang di ajarkan. Di satu sisi guru boleh berbangga diri dengan posisinya. Sebab dia dapat memberikan nilai berupa pengetahuan kepada anak didiknya.

Guru sejati menunjukan jalan

The man ( or women ) who can make hard things easy is the educator

Orang yang bisa membuat semua hal yang sulit menjadi mudah dipahami, yang rumit menjadi mudah di mengerti, atau yang sukar menjadi mudah dilakukan, itulah pendidik yang sejati


☆Ralp Waldo Emerson ☆


Disisi lain, guru semestinya tidak lupa untuk selalu meningkatkan kualitas dirinya. Guru sewajarnya memang lebih tahu tantang banyak hal, tetapi guru terkadang mempunyai keterbatasan pengetahuan terhadap ilmu tertentu.

Karena guru juga manusia biasa, maka tidak ada salahnya guru terus - menerus membekali diri dengan belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

0 comments:

Post a Comment